Steganography

pernahkah dengar dengan keamanan komputer, ya pastinya sudah tidak asing kalau berbicara tentang kemanana, tapi kalau saya sebutkan steganography, mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang tahu. ya hanya bagi orang yang menggeluti dunia keamanan jaringan atau data saja mungkin yang lebih memahami terntang ilmu ini.

dalam tulisan ini saya tidak memberikan ilmu atau teknik bagaimana steganographi itu di gunakan, tapi saya hanya akan memberikan sedikit penjelasan tentang ilmu data hiding ini.

baik sob, steganography merupakan ilmu tenatang menyembunyikan data rahasia di dalam media digital. sudah tentu digital ya, kalau sejarah duku sering menggunakan media perangkat keras misalnya batu, pohon, kulit sebagai media menyembunyikan data, sekarang sudah beralih kedalam media digital. makanya di sebutlah data hiding.

maksud dari data hiding ini adalah untuk menjamin bahwa hanya si penerima saja yang boleh mengetahui isi dari data yang dikirim, dalam dunia digital sekarang biasanya kriteria penyembunyian data dilihat dari 3 aspek

1. fidelity ayau mutu dari data yang dikirim tidak berubah

2. robutness atau harus tahan

3. recovery artinya bisa di ekstraksi lagi

adapun syarat steganography adalah

1. media

2. informasi

dalam dunia informasi, keamanan merupakan kunci dari berhasilnya sebuah layanan menjamin hak konsumen, sehingga steganography biasanya lebih banyak di gunakan oleh para inteljen negara dalam bertukar informasi. hal ini tentu sebagai jaminan atas aspek keamanan suatu negara.

dalam implemtasinya data hiding ini berkaitan dengan watermaking, atau teknik penyisipan data media digital,.data itu di sembunyikan dalam bentuk digital kemudian di sisipkan melalui teknik watermarking sehingga data secara fisik tidak terlihat memiliki aspek keamanan. dan hanya orang yang tahu watermarking yang bisa membacanya.

kali ini bagaimana tekniknya, mudah saja. jika ingin membuat watermarking untuk data hiding, kita menggunakan perhitungan biner dalam media poto, kita sisipkan dalam bit misalnya

misal ukuran pixel poto 11 byte, kita ekstraksi kedalam biner menjadi 88 bit,

11 byte=88 bit= 1011000

misal kita mau sisipkan tentang berapa kode suatu negara, misal 62. maka kita akan sisipkan dalam biner:

62= 111110 , kita masuka persisi di tengah digit angkat 11 di 88 bit biner menjadi

1011000 menjadi 101 111110 1000. jika masih tidak yakin, silahkan cek hasil media poto anda, maka akan secara otomatis kualitas gambar akan berubah. dan banyak orang tidak tahu bahwa kita telah menyisipkan data dalam poto itu.

This entry was posted in informasi, informatics, technology and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s