Pendidkan menurut Al-Farabi

Sistem pendidikan yang berlaku di negara ini berorientasi kepada apa?, inilah yang masih belum kita ketahui, yang kita ketahui bahwa sistem pendidikan di negara ini berorientasi pada buruh, dengan penekanan menjadikan para murid atau mahasiswa menjadi para romussa baru.

kegelisahan sistem pendidikan ini menggugah saya membaca kembali sistem pendidikan jiwa yang di konsep seorang ilmuan muslim, alfarabi. ya al-farabi memberikan gambaran konsep pendidikan dengan dua cara

1. untuk menimbulkan rasa kesalehan dan mengamalkan ilmu (arts) seperti metode
yang   meyakinkan,   yaitu   bahwa   murid   harus   mengakuinya   sebagai   miliknya   dan   mengamalkannya secara spontan.
2. seorang guru harus menggunakan metode pemaksaan yang ditujukan untuk mereka
yang   tidak   merasa   memilki   perasaan   sebagai   penduduk   dan   mereka   yang   tidak   memilki   kesadaran terhadap keberadaan dirinya.

mari kita lihat konsep yang sangat luar biasa itu. ini di buat pada abad 879 M, kita bandingkan dengan era tahun 2013 ini sistem pendidikan berkaraker, semua tak memberikan solusi terhadap sistem pendidkan yang bobrok.

lihat berapa banyak sarjana pengangguran di negeri ini, lihat para anak SMK yang di cetak menjadi calon romussa baru pabrik, lihat kepastian pemerataan pendidikan yang tak jelas. lihat para guru yang tak profesional di bidangnya. inikah sistem pendidikan kita. coba bandingkan dengan konsepan al-farabi. 2 konsep itu seharusnya mudah di implementasikan, namun bagaimana hari ini? hanya kita yang bisa menjawabnya.

This entry was posted in informasi, informatics, politik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s